Membuat strategi marketing dan
promosi
INTERNET MARKETING : Membangun keikutsertaan pelanggan dapat menjadi hal penting
dalam strategi marketing. Jika pelanggan merasa terlibat dalam merek Anda, maka
mereka cenderung akan percaya dan loyal. Namun sangat banyak hal untuk membangun
strategi marketing yang tepat, dan lebih unggul dari yang dilakukan pesaing.
Setiap hari ada ide-ide baru dari para pemasar dalam
mempromosikan produk mereka. Jika strategi promosi dan marketing ini benar,
maka pesan yang ada didalamnya akan dapat sampai ke pelanggan dengan baik,
yakni untuk menarik pelanggan agar mau membeli dan setia pada produk mereka.
Berikut adalah delapan hal penting untuk membuat strategi marketing dan promosi
yang luar biasa:
1. Fokus pada solusi
Inilah apa yang benar-benar dicari pelanggan. Dan ketika ada
permintaan, setengah dari pekerjaan pemasaran Anda berhasil. Produk dan jasa
yang memiliki permintaan tinggi akan mendapat perhatian pertama dan lebih
sering. Berikan target pasar Anda apa yang mereka inginkan atau apa yang
membuat mereka tertarik untuk melihat. Tawarkan sesuatu yang seolah berteriak
“Aku pemecah masalah” atau “Aku solusi cepat”, dan pesan Anda itu akan
mendapatkan perhatian.
2. Bertujuan pada target pasar
Pemasaran yang tidak mencapai target akan diklasifikasikan
sebagai pemborosan, tidak efisien atau junk (seperti dalam “junk mail“).
Kegiatan marketing yang mencapai target pasarnya tergolong menarik, efektif dan
sangat efisien. Kuncinya adalah untuk memberikan target pasar Anda sesuatu yang
menarik bagi mereka. Jika Anda seorang warga negara yang sudah paruh baya
tertarik pada musik klasik, berita singkat tentang rilis musik terbaru dari
band rock-and-roll terbaru tidak akan menarik – sehingga warga negara tersebut
bukanlah bagian dari target pasar Anda.
3. Gunakan judul dan sub judul
Buatlah judul-judul ini (dan sub judul) provokatif,
pemikiran yang memprovokasi, ekstrim dan benar-benar tak terduga. Salah satu
berita terbaik yang pernah saya lihat – yang saya tahu mendapat banyak
perhatian – adalah “Things the Government Won’t Tell You About Terrorism.” Satu
lagi yang menarik perhatian yang sama adalah “7 Mistakes Banks Make Every Day.”
Keduanya akan mendapatkan perhatian dan membuat orang ingin membaca lebih
lanjut.
4. Memiliki pesan yang sangat jelas
Grafis memang bisa
menarik perhatian, tapi itu bukan satu-satunya alat untuk mengkomunikasikan
pesan Anda. Jangan biarkan pengunjung hanya melihat gambar pada iklan itu!
Pakar iklan terkenal, David Ogilvy pernah berkata, “Saya tidak menganggap iklan
sebagai hiburan atau sebuah bentuk seni tetapi sebagai media informasi. Ketika
saya menulis sebuah iklan, saya tidak ingin Anda sekedar memberitahu tahu bahwa
saya kreatif. Saya ingin Anda tertarik hingga Anda membeli produk tersebut.”
Anda tidak dapat membuat orang lain memperhatikan pesan-pesan yang membosankan
atau tidak jelas.
5. Coba strategi marketing melalui pesan ekstrim
Kenyataannya adalah, pemasaran ekstrim itu bekerja. Hal-hal
negatif dan kesalahan justru mendapatkan perhatian lebih dari masyarakat. Berikut
adalah contoh judul atau pesan yang mendapatkan perhatian karena sifat ekstrim
mereka:
- Bagaimana Cara Mengubur Perusahaan Dalam Satu Minggu
- Bagaimana Cara Membuat Tenaga Penjualan 10 Persen Lebih
Efisien
- Bagaimana Cara Menumbuhkan Laba 0.005 %
Semua judul ini mungkin akan menarik perhatian dan membuat
Anda ingin membaca karena sifat mereka yang ekstrem.
6. Gunakan strategi promosi saling berkaitan
Ini adalah cara lain untuk mendapatkan perhatian, terutama
terjadi di kalangan content marketer saat ini. Sederhananya, informasi yang
ditawarkan sebagai insentif untuk kontak baru. “Kaitan” ini menjadi prospek!
atur pemasaran Anda untuk komunikasi lebih lanjut. Berikut adalah beberapa
contoh dari kaitan ini:
Hubungi kami hari ini untuk perhitungan pinjaman pegadaian
gratis.
Download resep ebook gratis yang menggunakan rempah-rempah
dan bumbu kami.
Mampir hari ini untuk vas gratis untuk bunga di Hari Ibu.
Semua keterkaitan ini menawarkan sesuatu yang bernilai untuk
pelanggan potensial agar tertarik. Mereka semua tidak hanya memberikan sepotong
perhatiannya kepada Anda tetapi akan meningkatkan respon terhadap Anda juga.
7. Memanfaatkan benda, bentuk, dan ukuran yang
tidak biasa
Hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika ingin produk Anda
untuk bisa dikenal dan diingat adalah menciptakan sesuatu dengan ukuran berbeda
atau memiliki warna berbeda atau tidak seperti format umumnya. Ini termasuk
potongan surat, warna atau pesan yang ekstrim, berbentuk aneh dan memilih waktu
yang tidak biasa untuk mendekati target pasar Anda, seperti berbicara tentang
Natal di musim semi. Carlsbad Brewery pernah menjatuhkan paspor palsu di sistem
kereta bawah tanah New York City untuk memberitahu target pasar mereka tentang
produk baru yang mereka luncurkan. Mencari paspor di kereta bawah tanah
benar-benar hal yang tak terduga; itu bukan sesuatu yang bisa Anda lihat setiap
hari sehingga pesan Carlsbad pun berhasil mendapat perhatian target pasarnya.
8. Jawab secara langsung “Apa untungnya bagi
calon pelanggan?”
Holiday Inn Express mengiklankan bahwa motel mereka memiliki
” showerhead nomor satu berdasar penilaian pelanggan.” Pernahkah Anda diminta
untuk menilai sebuah shower? Holiday Inn menemukan ini penting untuk target
pasar mereka dan mengkomunikasikan pesan ini langsung kepada mereka. Anda dapat
mendengarkan dan membaca semua tentang fitur dari Holiday Inn Express, tapi
mendengar tentang nomor satu showerhead dari penilaian pelanggan ini adalah
sesuatu yang semua pengunjung inginkan. Apa manfaatnya bagi mereka? Shower yang
istimewa. Shower yang unggul mendapatkan perhatian.
Sukses dalam menjalankan bisnis tidak lepas dari strategi
marketing ataupun strategi promosi dari perusahaan. Jika saat kegiatan
marketing dan promosi saat ini masih belum membuahkan hasil yang signifikan,
Anda akan berada pada posisi sulit pada saat berkompetisi dengan kompetitor
Anda. Semoga 8 langkah di atas berguna dan dapat membantu Anda memenangkan
persaingan!
Kesalahan Berikut Ketika Memulai Bisnis
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, memulai bisnis
baru adalah salah satu sasaran paling empuk yang dicari masyarakat di dunia.
Tetapi, memulai bisnis baru tidak semudah membalikkan telapak tangan atau
semudah menendang bola. Memulai bisnis baru sangatlah sulit. Anda harus
mempersiapkan semuanya. Mulai dari produk/jasa apa yang ditawarkan, siapa yang
akan membantu untuk bekerja sampai bisnis plan, agar bisnis tersebut tetap
terarah setelah dibuka. Tapi, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang melalukan
kesalahan besar saat prosesnya. Tidak heran bahwa 80% perusahaan baru hanya
bertahan dalam tiga tahun pertama. Inilah 5 kesalahan yang harus anda hindari
saat ingin memulai suatu bisnis.
1. Tidak memiliki
alasan mengapa memulai bisnis
Saat ingin memulai bisnis, hal pertama yang harus anda
miliki adalah apa alasan anda memulai bisnis tersebut? Mengapa anda ingin
mengejarkan impian tersebut? Jika anda tidak memiliki jawaban dari
pertanyaan-pertanyaan tersebut, anda akan terhalang oleh alasan untuk tidak
terus maju dan anda akan menyerah sebelum anda mencapai keberhasilan.
2. Mengasumsikan bank akan meminjamkan anda uang
Ini adalah salahsatu kesalahan terbesar. Lebih tepatnya
adalah salah pemikiran. Jika anda berpikir, bahwa bank akan meminjamkan uang
untuk memulai usaha anda itu salah. Bank adalah pilihan sulit untuk pinjaman
uang. Mereka akan sangat enggan memberikan pinjaman karena tingkat keberhasilan
bisnis baru sangat rendah. Biasanya, salahsatu caranya adalah dengan jaminan.
Tetapi, jika anda tidak bisa mengembalikannya, maka jaminan tersebut akan menjadi
milik bank. Jadi, daripada anda berasumsi bank akan meminjamkan uang, lebih
baik anda menggunakan tabungan pribadi atau menjual beberapa asset.
3. Mengasumsikan
pelanggan akan datang dengan sendirinya
Ini adalah hal yang sangat salah. Banyak pengusaha baru yang
melakukan hal ini. Padahal sebagai usaha baru, untuk sukses anda harus berusaha
menjual produk/jasa anda. hal ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan iklan,
atau promosi secara besar-besaran.
Alasan pelanggan membeli suatu produk/jasa ada 2, yaitu
menghindari rasa sakit dan untuk mendapatkan kesenangan. Jika Anda menemukan
rasa sakit mereka dan dapat memperbaikinya, Anda akan mendapatkan bisnis
mereka. Contohnya saja jika anda ingin memasuki bisnis perawatan kulit, anda
dapat mensegmentasikan produk anda ke orang-orang dengan usia diatas 45 yang
peduli dengan keriput. Ini adalah salahsatu usaha anda untuk menjual
produk/jasa anda.
4. Memulai bisnis
tanpa ada strategi keluar yang jelas
Memang hal ini terdengar aneh. Tetapi, hal ini sangat penting
untuk mencari tahu bagaimana cara anda membongkar perusahaan walaupun anda baru
saja ingin memulai bisnis baru. Dengan cara ini, keputusan anda tentang
pertumbuhan bisnis anda bisa saja menarik investor. Banyak pengusaha baru tidak
berpikir tentang bagaimana mereka akan mengembalikan waktu dan uang mereka.
Mereka hanya mencari segala sesuatu yang akan bekerja pada akhirnya. Tetapi
jika Anda menganggap Anda akan dengan mudah dapat menjual bisnis Anda kapan pun
Anda siap untuk melanjutkan, Anda salah. Hanya sekitar 10% dari bisnis yang
disiapkan untuk penjualan benar-benar bisa dijual.
5. Tidak mendapatkan dukungan keluarga, teman dan pasangan
Hal ini sangat penting. Dukungan dari orang yang anda cintai
sangat mempengaruhi psikologi anda maupun mempengaruhi kemajuan bisnis anda.
Anda juga dapat mendapatkan pelanggan dari koneksi orang yang anda cintai.
Memulai bisnis membutuhkan pola pikir all the time dan gaya hidup, setidaknya
pada awalnya. Semakin banyak orang yang Anda cintai memahami hal ini, semakin besar
kemungkinan Anda akan berhasil dan hubungan Anda akan tetap terjaga.