Pemilihan jasa pembuatan website
BERITA TEKNOLOGI ONLINE : Untuk memenangkan kompetisi pasar, diperlukan persaingan
yang sangat ketat. Perusahaan pun mulai berlomba menarik konsumen mengenal
produk mereka. Konsumen yang punya pengalaman pada merek Anda, pasti akan
menyampaikan pengalaman tersebut pada orang-orang terdekatnya, bahkan calon
konsumen Anda. Pengalaman terhadap merek tidak hanya dirasakan saat konsumen
membeli produk atau jasa yang ditawarkan, tetapi juga saat konsumen mendapat
pelayanan saat hendak membeli produk.
Saat ini muncul era baru dalam pemasaran yang dapat
memudahkan konsumen dalam membeli produk atau jasa tertentu, yaitu internet.
Banyaknya pelanggan melalui internet membuat perusahaan harus mempunyai website
untuk menjaring para konsumen. Pemilihan jasa pembuatan website yang tepat
menjadi hal penting, karena bisa dibilang website menjadi hal utama yang
mencerminkan citra perusahaan untuk konsumen yang membeli melalui online.
Berikut beberapa langkah untuk memilih:
1. Tentukan Tujuan Utama
Langkah pertama, ketahui apa yang ingin Anda capai melalui
website dan pemasaran online ini. Anda harus berhati-hati dalam menentukan
tujuan, sasaran, dan bagaimana mengukur keberhasilan rencana.
Sebagai contoh, jika fokus Anda penjualan online, berarti
harus mencapai ROI (Return On Investment), tingkat penjualan, membangun dan
menjaga pelanggan yang ada.
Jika perusahaan masih baru, bangunlah brand awareness,
sediakan informasi secara sederhana dan mudah dimengerti. Jadi dalam hal ini,
diperlukan visi dan fokus yang jelas.
Mintalah jasa pembuatan website yang sudah Anda pilih untuk
menunjukkan kemampuan mereka secara nyata. Mereka harus menunjukkan pendekatan
dan solusi yang dipilih untuk suatu masalah, bisa dengan contoh kasus yang
pernah mereka tangani.
2. Ketahui Perbandingan Biaya Dengan Nilai
Masalah biaya umumnya bisa menjadi pembuat kesepakatan atau
pematah kesepakatan, jadi bisa saja Anda sepakat dengan satu penyedia jasa atau
justru tidak jadi menggunakan jasa mereka karena biaya yang ditawarkan.
Seperti halnya ketika Anda membeli suatu barang, ada istilah
“Anda mendapatkan sesuai yang Anda bayar” berlaku juga pada desain dan
pengembangan website.
Mintalah pada agen yang Anda pilih untuk menunjukkan bukti
nyata dari nilai yang telah disampaikan terhadap hasil yang didapatkan. Jika
sebuah jasa pembuatan website dapat menunjukkan website yang mampu mencapai
ROI, maka biaya tidak lagi menjadi pematah kesepakatan. Tapi ingat, jangan
terlalu lama meneliti agen terbaik, karena bisa jadi itu malah menghabiskan
uang dan membuang-buang waktu.
3. Identifikasi Rekam Jejak Yang Solid
Ini tidak selalu berlaku pada seberapa lama sebuah agen yang
terjun di bisnis ini berdiri. Kenyataannya, banyak agen baru yang justru punya
ide brilian dan metode baru yang patut dipertimbangkan. Intinya, seberapa besar
pemahaman agen terhadap industri Anda dan apakah mereka telah menyampaikan
solusi sejenis secara efektif pada klien yang lain?
Mintalah agen untuk menunjukkan data kinerja, testimoni
klien dan satu atau dua kasus yang pernah mereka tangani untuk menunjukkan
pendekatan yang mereka lakukan serta bagaimana mereka mengukur hasilnya.
4. Komunikasikan Dan Pelajari
Website yang sering berubah-ubah akan sangat menyusahkan dan
menjadi masalah besar bahkan bagi mereka yang bisa dibilang website sudah
ibarat hidup dengan mereka setiap hari. Jadi sangat penting memahami apa yang
agen Anda bicarakan dan lakukan.
Ketika Anda berdiskusi dengan agen, biarkan mereka
menjelaskan apa tujuan mereka, langkah yang diambil, dan yang penting, mengapa
mereka melakukan itu. Jika sampai Anda bingung atau tidak paham, pastikan
mereka membuat menjelaskan ulang.
Ajukan pertanyaan tentang proses, metode, dan mengapa mereka
membuat rekomendasi atau keputusan tertentu. Jika belum paham, tanyalah. Jangan sampai Anda
tidak paham dengan apa yang sudah Anda investasikan.
5. Konten Adalah Hal
Penting
Saat Anda memutuskan membuat website, pasti punya alasan
sendiri, baik itu website baru ataupun pembaruan website lama. Umumnya orang
berpikir bagaimana website mereka akan terlihat dan berfungsi. Memang itu faktor
penting, tapi faktor penting lain yang sering dilupakan adalah konten dari web
itu sendiri.
Jika jasa pembuat website hanya memikirkan tampilan website,
itu salah. Sebuah agen harus menanyakan target pasar, gambaran bisnis dan
industri.
Konten membantu pelanggan. Konten bisa berupa tulisan
artikel, gambar, video, atau apapun di website Anda. Agen harus bekerjasama
dengan tim pemasaran atau penulis konten jika mereka tidak membuat konten
sendiri.
6. Ketahui Yang Ingin Anda Capai, Jadilah
Realistis
Mungkin bisa memakan waktu enam bulan atau bahkan satu tahun
untuk menentukan tujuan. Masuk di halaman pertama “Google” atau mendapatkan
traffic lebih banyak.
Ada beberapa hal yang bisa dituju:
·
Menjadi pemimpin dalam berbagai hal
·
Meningkatkan penjualan online
·
Meningkatkan produk atau kesadaran merek
·
Menjadi penghubung dengan pelanggan
Tanyakan agen Anda, tools dan layanan apa yang diberikan
untuk mengarahkan orang mengunjungi web Anda. Pastikan mereka tahu proses
penjualan Anda sehingga dapat menyediakan solusi untuk membuat proses lebih
efisien dan membuat nilai nyata dari website baru.
7. Kenali Strategi Anda
Sebuah jasa pembuatan website harus memberikan penjelasan
mengenai strategi dengan jelas. Strategi yang bagus membuat website menjadi
dipercaya. Strategi yang solid akan mudah diukur. Ketika Anda dapat mengukur,
maka dapat membuat keputusan yang baik berdasarkan data yang nyata. Sehingga
dapat mengubah pengunjung menjadi pelanggan.
Mintalah agen menjelaskan strategi secara rinci. Pastikan
strategi dapat mencapai tujuan yang sudah ditentukan sesuai dengan anggaran
dana dan tenggat waktu yang sudah direncanakan.
8.
Menjaga Kualitas Investasi
Setelah website resmi diluncurkan, agen yang bagus harus
menjaga hubungan baik dengan Anda. Hal ini juga tergantung pada bagaimana Anda
terlibat dalam penerbitan dan pembuatan konten. Agen yang bagus akan membantu
Anda mencapai tujuan dengan website yang sudah dibuat.
Tanyakan hubungan Agen pada klien sebelumnya. Bagaimana
mereka membantu klien lain? Apakah mereka memberi layanan secara bulanan atau
kuartal sebagaimana Anda bisa terapkan nantinya?
Jika Anda sudah yakin dengan jasa pembuatan website yang
Anda pilih, bekerjasamalah dengan mereka. Karena mereka tidak akan mampu
bekerja sendiri sementara Anda yang lebih tahu bagaimana bisnis akan berjalan
dimasa mendatang. Setelah website Anda sudah jadi, bisa juga memanfaatkan jasa
SEO untuk mengembangkan website dan menaikkan nilai dari website.