Melakukan strategi pemasaran
sosial media
INTERNET MARKETING : Anda ingin melakukan strategi pemasaran sosial media secara
spektakuler, namun tidak tahu bagaimana caranya? Apakah Anda menemukan konten
yang berharga dan dapat menginspirasi orang lain? Percaya atau tidak, Anda
tidak perlu menghabiskan berjam-jam per hari untuk merumuskan posting yang
sempurna. Anda membutuhkan perencanaan dan pemahaman dasar tentang siapa target
pasar Anda. Berikut adalah tips-tips yang bisa kami berikan untuk Anda!
1. Optimalkan “Bio”
pada Sosial media Anda
Apakah Anda Siap untuk terhubung dan berinteraksi dengan
orang yang tepat? Maka lengkapi profil sosial media, dan optimalkan profil dan
kata kunci Anda. Pastikan bahwa dunia tahu siapa Anda, apa yang Anda lakukan
dan bagaimana Anda dapat membantu klien potensial dalam bio Anda.
2. Bergabunglah
dengan Google Plus dan Aktiflah pada media tersebut
Ingin mudah ditemukan? Maka buat akun dan bergabunglah di
Google Plus! Karena Google Plus memiliki korelasi langsung dengan hasil
pencarian Anda pada search engine Google. Ini berarti bahwa tidak cukup hanya
bergabung dengan jejaring sosial, namun Anda juga harus terlibat aktif.
3. Berinteraksi lewat
“Google Plus Hangouts”
Google Plus Hangouts adalah cara yang baik untuk dapat
bertatap muka dengan orang-orang yang telah terhubung dengan Google Plus. Mirip
dengan Skype atau Facetime, Hangouts
mudah digunakan dan sederhana untuk diakses melalui akun Google Plus
Anda.
4. Gunakan “Twitter
Lists”
Cara cepat untuk bergabung dalam percakapan dan tetap
terhubung dengan kelompok tertentu adalah menambahkannya ke dalam daftar.
Gunakan Twitter Lists ke grup bersama orang-orang yang Anda ingin untuk
terlibat dengan mereka setiap hari. Kemudian tambahkan daftar ini untuk “alat
manajemen pihak ketiga” favorit Anda dan tinjau setiap hari.
5. Pin Gambar-gambar
Kustom ke “Pinterest”
Membuat grafis kustom untuk konten asli Anda dan “pin” ke
Pinterest adalah cara terbaik untuk membuat bisnis Anda dapat terlihat oleh
para penonton yang baru. Pin gambar Anda, berbagi ke Twitter dan kemudian
gunakan gambar yang sama di Google Plus.
6. Gunakan LinkedIn
Agar Terhubung dengan Para Ahli dalam Industri Tersebut
Anda menghabiskan waktu di Facebook, tetapi apakah Anda
membuat “tanda” pada jejaring sosial yang dibangun untuk bisnis profesional?
Gunakan LinkedIn untuk menjalin hubungan dengan para ahli dalam industri Anda.
Pastikan untuk mengirim pesan khusus termasuk siapa Anda dan mengapa Anda
tertarik untuk berinteraksi.
7. Bergabung dengan
Grup-grup LinkedIn
Ada banyak kelompok LinkedIn untuk ikut bergabung, sehingga
sangat penting untuk pilih-pilih ketika mengidentifikasi di mana Anda akan
menghabiskan waktu. Lakukan pencarian cepat berdasarkan kata kunci atau
industri dan tentukan kelompok yang mungkin menjadi sumber yang baik.
8. Mulai (atau
bergabung) dengan Grup-grup Facebook
Undang klien, prospek dan profesional industri lainnya untuk
bergabung di Grup Facebook. Jelaskan manfaat dan mengapa grup tersebut
diciptakan. Tetapkan dan pastikan pada setiap orang yang bergabung bahwa grup
tersebut adalah ruang yang aman, bebas dari taktik penjualan yang keras.
9. Promosi via
Instagram
Gunakan Instagram untuk mendukung semua usaha pemasaran
Anda. Punya sebuah blog? Pasang gambar dengan “tindakan panggilan” untuk
mengarahkan para followers ke website Anda, berbagi kutipan atau tips dari
posting Anda, atau hanya memberitahu followers bahwa ada posting baru dan
arahkan mereka ke blog.
10. Berbicara dengan
orang-orang yang “punya kesamaan” dengan Anda
Bingung dalam membuat konten? Minta bantuan orang-orang yang
punya kesamaan dengan Anda dalam hal selera atau pemikiran. Ciptakan hubungan
yang bermakna dengan influencer lain dan memunculkan kehadiran online adalah
cara yang bagus untuk menjaga Anda selalu update pada industri.
11. “Stumbleupon”
Meskipun tidak sepopuler yang telah disebutkan sebelumnya,
Stumbleupon masih bisa mendorong banyak traffic ke website atau blog. Gunakan
situs ini dengan baik dan Anda akan memperoleh hasil yang memuaskan.
12. Gunakan Virtual
Notebook
Simpanlah notepad yang berguna untuk menuliskan ide-ide yang terlintas dalam
pikiran Anda sewaktu-waktu yang dapat berubah menjadi tulisan di sosial media .
13. Komentar di Blog
Mengomentari blog adalah strategi yang digunakan oleh banyak
blogger aktif untuk mendapatkan visibilitas, meningkatkan popularitas dan
menciptakan hubungan strategis. Hal ini juga mendorong mereka yang tertarik
untuk bergabung ke jejaring sosial Anda, dan memungkinkan untuk interaksi lebih
lanjut.
14. Gunakan
“Management Tool”
Ingin menciptakan keajaiban pada media sosial? Tetap
konsisten! Sebuah “Management tool“ untuk pihak ketiga seperti “Hootsuite”
dapat membantu Anda menggunakan otomatisasi dengan cara yang bijaksana dan
strategis. Ketika menemukan konten yang ingin Anda bagi, tambahkan ke Hootsuite
dan jadwalkan waktu untuk tweet atau posting konten sepanjang hari.
15. “Commun.it”
“Commun.it”, dengan cepat menjadi salah satu “management
tool” dalam sosial media. Dengan tool tersebut, Anda dapat menggali lebih dalam
followers Anda dan menciptakan hubungan sosial media yang lebih bermakna.
16. Berpikir Secara
Visual
Gunakan perangkat lunak mind-mapping untuk menyempurnakan
topik tertentu, membuat beberapa posting yang dirancang dengan target penonton
sesuai keinginan Anda. Brainstorming-kan ide-ide yang berhubungan dengan topik
bersama dengan subtopik yang dapat dengan mudah berubah menjadi tulisan atau
tweet.
17. Tambahkan “Social
Share Buttons” ke Website Anda
Ketika Anda membuat desain website, tambahkan “social share
buttons” pada posting blog dan situs web akan memungkinkan pengunjung untuk
dengan mudah berbagi informasi dengan teman-teman mereka dan juga rekan bisnis.
Buat mereka mudah diakses dan mudah digunakan! Anda dapat memanfaatkan jasa
pembuatan desain website untuk hasil yang maksimal.
18. Youtube
Tidak ada yang bisa menyangkal kekuatan video! Berbagi video
atau membuatnya sendiri berdasarkan pertanyaan pelanggan, komentar blog atau
bahkan percakapan melalui sosial media.
19. Tumblr Blog
Sebagai salah satu aset besar Yahoo, “Tumblr” dapat menjadi
sumber daya yang sempurna untuk inspirasi. Di sini Anda dapat menemukan
artikel, gambar, dan “gifs” menarik untuk semua topik.
20. Gunakan Twitter
untuk Riset Target Pasar
Twitter adalah alat yang ampuh bila digunakan untuk
penelitian bisnis dan pesaing dengan menggunakan nama Anda. Atur “Twitter
alert”, kata kunci penelitian dan identifikasi peluang menggunakan pencarian
“Twitter Advanced”.
21. Gunakan Kalender
Sosial media
Kalender sosial media adalah salah satu cara terbaik untuk
berhenti membuang-buang waktu Anda dan tetap konsisten. Selain itu, membuat
kalender sosial media tidak sulit. Anda dapat menggunakan sesuatu yang mendasar
seperti “spreadsheet excel” atau program yang lebih rinci seperti “Divvy HQ”.
22. Gunakan “Google
Alerts”
Menggunakan kata kunci yang relevan untuk para followers
Anda dan mengatur pilihan pengiriman untuk memberi feed bukan oleh email,
kemudian klik “create“! Lakukan untuk
setiap kata kunci, frase kata kunci, nama bisnis Anda dan ungkapan unik yang
biasa Anda gunakan pada website dan blog.
23. Gunakan “RSS
Reader”
Gunakan “RSS aggregator” seperti “Feedly” untuk berlangganan
blog favorit atau sumber berita Anda. Kemudian masuk ke akun Anda dan habiskan
waktu lima menit setiap hari berbagi artikel ke jejaring sosial Anda.
24. Bagikan Konten
orang lain
Sebuah kunci keberhasilan sosial media adalah berbagi konten
orang lain, bukan hanya Anda sendiri. Luangkan waktu untuk tidak hanya berbagi
konten orang lain, tapi “tag” mereka setiap kali Anda berbagi. Hal ini tidak
hanya akan memberikan kesadaran kepada merek pribadi mereka, itu adalah cara
yang bagus untuk membangun hubungan.
25. Promosi Silang
Saluran Sosial
Dukung semua upaya pemasaran secara silang pada jejaring
sosial media Anda. Kirimkan artikel
bagus di Google Plus. Berbagi link Google Plus ke Twitter. Tidak semua orang
mengikuti Anda di jejaring sosial yang sama. Pastikan mereka tahu di mana Anda
berada dan bagaimana mudahnya untuk terlibat dengan Anda di beberapa saluran.
26. Berbagi Quotes
Ketika semuanya gagal, jangan pernah melupakan kekuatan
quotes. Jangan lupakan penggemar sosial media dan pengikut dari segala jenis
quotes. Luangkan beberapa menit melihat quotes yang relevan. Pilih yang terbaik
dan bagikan.
Mempunyai akun sosial media saat ini bukan hanya bermanfaat
untuk hiburan di waktu senggang saja. Seperti yang Anda lihat pada tips-tips di
atas, sosial media sangat bermanfaat membantu upaya pemasaran bisnis. Cobalah
tips-tips di atas dan buktikan sendiri hasilnya! Selamat mencoba!