9 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Kecil yang Dapat Anda Lakukan

Di zaman sekarang ini, strategi pemasaran yang baik mutlak diperlukan. Bukan hanya guna menarik calon konsumen, namun juga untuk mengatur budget agar menjadi efektif.


Sebanyak apapun uang yang dimiliki oleh sebuah bisnis akan habis secara percuma tanpa adanya strategi pemasaran yang baik.

Dalam hal ini tentunya akan sangat menyulitkan bagi sebuah bisnis baru dalam mengatur keuangan.

Seperti yang diketahui, selain budget untuk pemasaran, perusahaan juga harus membayar gaji tim, biaya sewa kantor, bahan baku dan biaya operasional berkelanjutan lainnya – sambil berjuang untuk mendapatkan cukup pendapatan agar tetap bertahan.

Terperangkap dalam tindakan mengatur keuangan yang mengerikan ini, kebanyakan pengusaha akhirnya meninggalkan investasi yang mereka anggap tidak berguna, seperti pemasaran dan periklanan.

Namun, ironisnya bahwa mengabaikan pemasaran malah akan menghambat pertumbuhan bisnis, sehingga mengurangi pendapatan yang dapat dihasilkan.

Terkait dengan hal ini, tahukah Anda bahwa pemasaran yang efektif tidak harus menghabiskan banyak biaya?

Tentu, strategi pemasaran dengan anggaran lebih tinggi dapat membawa lebih banyak visibilitas dan konsistensi dalam pemberian feedback, namun ada banyak strategi pemasaran murah dan sangat efektif yang dapat Anda gunakan untuk membantu pertumbuhahan bisnis. Berikut adalah sembilan di antaranya:

9 Strategi Pemasaran dengan Anggaran Kecil yang Dapat Anda Lakukan

1. Referensi/Referral

Salah satu cara terbaik untuk memasarkan adalah menghindari pemasaran sama sekali; Sebagai gantinya, ciptakan sebuah sistem yang memungkinkan pelanggan Anda melakukan pemasaran untuk Anda.

Pertimbangkan fakta bahwa orang empat kali lebih mungkin untuk membeli produk ketika itu dirujuk oleh teman mereka.

Terlebih lagi, membuat program rujukan tidak memerlukan biaya banyak, dan tergantung bagaimana Anda menyusunnya, mungkin bisa menjadi gratis.

Anda bisa menawarkan diskon pada pelanggan Anda saat ini dengan imbalan referensi pelanggan baru, atau menawarkan hadiah uang tunai. Jika Anda benar-benar berinvestasi dalam strategi ini, Anda akan melihat hasil yang mengejutkan.

2. Siaran Pers dan Fitur Berita

Orang-orang membaca berita secara teratur, dan jika Anda memiliki sesuatu yang layak untuk dilaporkan, sebagian besar media berita dengan senang hati akan melaporkannya untuk Anda.

Siaran pers adalah cara murah untuk mendapatkan merek Anda dapat disebutkan di publikasi utama.

Jika Anda melakukan semua pekerjaan itu sendiri, memburu dan mengirim email kepada wartawan, siaran pers sebenarnya bisa menjadi strategi pemasaran gratis.

3. Content Marketing

Content Marketing atau Pemasaran konten membutuhkan banyak bentuk, namun tidak ada investasi yang signifikan. Pendekatan yang paling sederhana adalah mengelola blog resmi perusahaan, menambahkan konten baru beberapa kali dalam seminggu yang menginformasikan atau menghibur pembaca Anda dengan cara yang unik dan praktis.

Infografis, video dan podcast semuanya termasuk dalam kategori pemasaran konten juga. Semua media konten ini memiliki kekuatan untuk meningkatkan reputasi merek Anda, meningkatkan lalu lintas pengunjung Anda.

4. SEO

Jika Anda menghabiskan waktu untuk menulis artikel sebagai teknik pemasaran Anda, maka jangan lupa untuk berinvestasi dalam meningkatkan optimasi mesin pencari Anda (SEO).

Hal ini mungkin tampak rumit secara teknis, namun kenyataannya adalah dengan sedikit membaca dan ketekunan, Anda dapat dengan mudah mempelajarinya.

Anda akan menggunakan alat online seperti Moz’s Keyword Explorer untuk mengidentifikasi kata kunci yang relevan yang dapat menarik lalu lintas tinggi ke website Anda dengan persaingan rendah.

Anda juga perlu membuat perubahan struktural, cobalah untuk menulis konten berkualitas tinggi secara konsisten.

Hal ini akan menjadi pekerjaan rutin yang penting dan wajib dilakukan, tapi jika Anda melakukannya sendiri, satu-satunya biaya Anda adalah waktu. Percayalah manfaat jangka panjangnya akan sangat besar.

5. Social Media Marketing

Mulailah dengan membuat profil untuk bisnis Anda di platform utama seperti Facebook, Twitter, dan Instagram. Isi profil Anda, dan mulai isikan konten yang diinginkan oleh pasar sasaran Anda.

Jangkau individu, dan pastikan untuk tetap terhubung. Dengan melakukannya secara konsisten, Anda bisa menumbuhkan ribuan pengunjung, yang mewakili arus lalu lintas ke website Anda.

6. Email Marketing

Strategi pemasaran email tetap menjadi salah satu strategi pemasaran yang paling hemat biaya, dengan beberapa sumber yang mengklaim laba atas investasi (ROI) sebesar 400 persen atau lebih.

Selama Anda memiliki daftar yang bagus (dikelompokkan secara organik, bukan dibeli), dan aliran email keluar yang stabil namun tidak invasif, Anda dapat melihat pengembalian yang signifikan kapan saja atau uang yang Anda hasilkan melalui strategi ini.

7. Iklan PPC

Iklan bayar per klik bisa menjadi mahal jika Anda menargetkan kata kunci dengan lalu lintas tinggi, namun ada ceruk dan platform yang ramah bahkan bagi pengusaha pemula yang paling hemat anggaran. Misalnya, di Facebook, hanya dengan Rp 10 ribu per hari Anda sudah mampu beriklan.

8. Personal Branding

Personal branding bekerja seperti corporate branding, kecuali itu berlaku untuk Anda sebagai individu. Anda akan mempromosikan diri dan keahlian Anda di media sosial, dan mungkin di blog khusus, mendapatkan pengikut baru dan sumber lalu lintas dan minat yang terpisah.

Nilai di sini adalah bahwa orang cenderung mempercayai orang lain lebih dari sekadar perusahaan, jadi pada akhirnya, Anda akan memiliki kekuatan mempengaruhi yang dapat Anda gunakan untuk menggabungkan konten Anda atau menarik prospek baru – semuanya tanpa membayar sepeser pun.

9. Forum dan Kelompok

Jangan meremehkan kekuatan kelompok-kelompok yang ada di forum publik dan media sosial. Anda mungkin melihat seseorang mengajukan pertanyaan yang bisa Anda jawab (dengan keahlian Anda), atau menangkap trend dari acara lokal yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda.

Semakin terlibat Anda dengan komunitas yang ada, termasuk lingkungan lokal Anda dan juga industri Anda yang lebih luas, semakin Anda berkesempatan untuk mendapatkan target audiens.

Ditambah lagi, biasanya tidak ada biaya untuk menjadi anggota komunitas ini, jadi Anda bisa menuai keuntungan lebih besar.

Nah, itu adalah 9 strategi pemasaran dengan anggaran kecil yang dapat Anda lakukan. Dengan menggunakan 9 strategi di atas, Anda akan mendapatkan hasil yang maksimal tanpa perlu mengeluarkan budget yang berlebih.

Tunjukan ketulusan dan tonjolkan solusi kepada calon pelanggan jika Anda ingin penjualan yang dilakukan berhasil.

Semakin hebat Anda dalam melakukan 9 hal di atas, maka semakin banyak pula konsumen yang akan membeli produk atau jasa dari Anda.
Post a Comment (0)
Previous Post Next Post