Memakai Jasa SEO
BERITA TEKNOLOGI ONLINE : Ketika kita memutuskan untuk memulai terjun di bisnis
online, itu artinya kita akan terlibat dengan SEO. Mungkin SEO terdengar tidak
asing, tapi sedikit yang benar-benar memahaminya. Untuk Anda yang tidak cukup
waktu untuk mempelajari SEO, mungkin akan lebih baik jika menggunakan jasa SEO.
Disamping lebih hemat waktu dan tenaga, jika menggunakan orang yang sudah ahli
pasti hasil juga akan lebih maksimal. Namun sebelumnya, perhatikan hal-hal
penting berikut ini ketika akan memakai jasa SEO.
1. Mitra Jangka
Panjang Atau Sekedar Tukang Memperbaiki
Jika Anda telah menghabiskan waktu yang sangat lama untuk
meneliti harga dari jasa SEO maka pasti Anda telah melihat cukup banyak variasi
layanan dan harga yang ditawarkan. Perusahaan SEO terbaik pasti akan mempunyai
buku pedoman bisnis dan tahu sesuatu hal yang bernilai untuk mereka kerjakan.
Sayangnya, dalam SEO, hanya karena Anda membayar dengan harga tinggi bukan
jaminan akan mendapat layanan tingkat tinggi pula. Nyatanya, ada banyak penipu yang
mengumbar janji, dan juga tidak punya cukup pengetahuan yang diperlukan untuk
melakukan pekerjaan mereka atau bahkan memang mereka tidak punya niat untuk
memberikan layanan berkualitas kepada klien mereka. Maka selalu waspada dan
gunakan akal sehat, SEO bukanlah tongkat ajaib.
Penting untuk memahami bahwa perusahaan yang Anda pilih
harus dipandang sebagai mitra jangka panjang, bukan sekedar tukang yang
memperbaiki perabot rumah. Pekerjaan SEO yang berkualitas akan memberikan
tingkat penjualan yang lebih untuk bisnis Anda dan seharusnya menjadi mitra
internet marketing terbaik yang merekomendasikan strategi online tambahan.
Akan lebih baik jika bekerja dengan penyedia jasa SEO yang
memahami tingkat ROI bisnis Anda. Yang dimaksud ROI disini bukanlah membayar
sekian juta untuk mendapat peringkat 1 di Google, namun bagaimana membuat
evaluasi yang dapat menjadi perkiraan nilai SEO untuk bisnis Anda sehingga akan
memberikan layanan SEO yang sukses dalam jangka panjang. Buatlah tolak ukur dan
membuat tujuan dasar ROI untuk mengukur efektivitas SEO.
Intinya disini adalah bahwa ketika mencari jasa SEO, Anda
harus mengevaluasi masing-masing penyedia jasa dengan lingkup jangka panjang,
karena SEO yang sukses tumbuh dalam hubungan jangka panjang. Jika hanya sebagai
tukan memperbaiki yang bekerja cepat lalu pergi, mungkin akan menghasilkan
beberapa hal, tapi hasil ini juga akan cepat berakhir, karena penyedia jasa itu
akan memikirkan penjualan berikutnya daripada fokus pada hasil maksimal untuk
Anda.
2. Menjaga Komunikasi
Komunikasi menjadi kunci keberhasilan SEO. Sangat penting
untuk dilakukan sejak awal karena akan benar-benar berpengaruh pada website
Anda. Beberapa kali penyedia jasa SEO mungkin tidak ingin menjadi orang yang
benar-benar bekerja untuk website Anda. Meskipun penyedia jasa Seo adalah
komunikator yang baik, tapi itu adalah ide baik untuk bertemu dengan
orang-orang di belakang mereka sehingga Anda bisa mendapatkan nuansa seberapa
baik Anda dapat menyatu dengan mereka.
Anda harus mendiskusikan seberapa sering untuk mendapatkan
update akun dan detail seperti apa yang Anda harapkan dari setiap komunikasi
yang berlangsung.
3. Akuntabilitas
Proyek
SEO mungkin sedikit abstrak dan tidak berwujud yang cocok
untuk berbagai potensi masalah mengenai kepuasan pelanggan. Hasil akhir itu
mungkin nyata, tapi terkadang proses dan strategi bagaimana mencapai hasil
tersebut sedikit lebih sulit untuk dipahami dan dinilai.
Dengan tingkat komunikasi yang tinggi, banyak masalah
akuntabilitas yang harus dipahami, tapi masih harus tetap ada pandangan pada
beban kerja yang sebenarnya dilakukan oleh penyedia jasa SEO Anda. Ini akan
membantu Anda memahami jumlah pekerjaan yang tidak perlu dilakukan yang masuk
ke dalam kampanye SEO dan ini juga akan membantu perusahaan SEO menjamin kepuasan
pelanggan. Bila hasil tidak datang secepat yang Anda harapkan, sangat penting
untuk menetapkan rencana akuntabilitas proyek.
4. Kualitas Analisis
Analisis harus menjadi bagian penting dari keputusan
pemilihan. Analisis memberikan data, tapi yang terpenting adalah apa yang akan
Anda lakukan terhadap data tersebut. Siapapun dapat menginstal Google Analytics
dan mencetak laporan, tetapi keterampilan yang lebih berharga adalah kemampuan
untuk mengambil informasi dari analisis data. Jika perusahaan SEO menawarkan
laporan tanpa rekomendasi maka itu bisa dibilang mereka tidak benar-benar fokus
mengoptimalkan website Anda. Google Analytic akan memberikan data yang Anda
butuhkan untuk membuat keputusan yang tepat dalam strategi pemasaran online.
Tujuannya adalah untuk bekerja dengan sebuah perusahaan yang tidak hanya
memahami analisis tapi dapat menjelaskannya pada Anda dalam hal bisnis yang
masuk akal sehingga Anda merasa yakin dengan pelaksanaan rekomendasi tersebut.
Memilih jasa SEO mungkin tidak mudah, yang terpenting Anda
juga harus memahami SEO dan berhati-hati dalam memilih, jangan mudah tergoda
janji yang berkebihan.
Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah pernah menggunakan
Jasa SEO untuk meningkatkan bisnis Anda sebelumnya? Yuk bagi pengalaman Anda
melalui kolom komentar di bawah ini.
Kesalahan Berikut Ketika Memulai Bisnis
Seiring berkembangnya zaman dan teknologi, memulai bisnis
baru adalah salah satu sasaran paling empuk yang dicari masyarakat di dunia.
Tetapi, memulai bisnis baru tidak semudah membalikkan telapak tangan atau
semudah menendang bola. Memulai bisnis baru sangatlah sulit. Anda harus
mempersiapkan semuanya. Mulai dari produk/jasa apa yang ditawarkan, siapa yang
akan membantu untuk bekerja sampai bisnis plan, agar bisnis tersebut tetap terarah
setelah dibuka. Tapi, banyak sekali pengusaha-pengusaha yang melalukan
kesalahan besar saat prosesnya. Tidak heran bahwa 80% perusahaan baru hanya
bertahan dalam tiga tahun pertama. Inilah 5 kesalahan yang harus anda hindari
saat ingin memulai suatu bisnis.
1. Tidak memiliki
alasan mengapa memulai bisnis
Saat ingin memulai bisnis, hal pertama yang harus anda
miliki adalah apa alasan anda memulai bisnis tersebut? Mengapa anda ingin
mengejarkan impian tersebut? Jika anda tidak memiliki jawaban dari pertanyaan-pertanyaan
tersebut, anda akan terhalang oleh alasan untuk tidak terus maju dan anda akan
menyerah sebelum anda mencapai keberhasilan.
2. Mengasumsikan bank akan meminjamkan anda uang
Ini adalah salahsatu kesalahan terbesar. Lebih tepatnya
adalah salah pemikiran. Jika anda berpikir, bahwa bank akan meminjamkan uang
untuk memulai usaha anda itu salah. Bank adalah pilihan sulit untuk pinjaman
uang. Mereka akan sangat enggan memberikan pinjaman karena tingkat keberhasilan
bisnis baru sangat rendah. Biasanya, salahsatu caranya adalah dengan jaminan.
Tetapi, jika anda tidak bisa mengembalikannya, maka jaminan tersebut akan
menjadi milik bank. Jadi, daripada anda berasumsi bank akan meminjamkan uang,
lebih baik anda menggunakan tabungan pribadi atau menjual beberapa asset.
3. Mengasumsikan
pelanggan akan datang dengan sendirinya
Ini adalah hal yang sangat salah. Banyak pengusaha baru yang
melakukan hal ini. Padahal sebagai usaha baru, untuk sukses anda harus berusaha
menjual produk/jasa anda. hal ini bisa ditanggulangi dengan menggunakan iklan,
atau promosi secara besar-besaran.
Alasan pelanggan membeli suatu produk/jasa ada 2, yaitu
menghindari rasa sakit dan untuk mendapatkan kesenangan. Jika Anda menemukan
rasa sakit mereka dan dapat memperbaikinya, Anda akan mendapatkan bisnis
mereka. Contohnya saja jika anda ingin memasuki bisnis perawatan kulit, anda
dapat mensegmentasikan produk anda ke orang-orang dengan usia diatas 45 yang
peduli dengan keriput. Ini adalah salahsatu usaha anda untuk menjual produk/jasa
anda.
4. Memulai bisnis
tanpa ada strategi keluar yang jelas
Memang hal ini terdengar aneh. Tetapi, hal ini sangat
penting untuk mencari tahu bagaimana cara anda membongkar perusahaan walaupun
anda baru saja ingin memulai bisnis baru. Dengan cara ini, keputusan anda
tentang pertumbuhan bisnis anda bisa saja menarik investor. Banyak pengusaha
baru tidak berpikir tentang bagaimana mereka akan mengembalikan waktu dan uang
mereka. Mereka hanya mencari segala sesuatu yang akan bekerja pada akhirnya.
Tetapi jika Anda menganggap Anda akan dengan mudah dapat menjual bisnis Anda
kapan pun Anda siap untuk melanjutkan, Anda salah. Hanya sekitar 10% dari
bisnis yang disiapkan untuk penjualan benar-benar bisa dijual.
5. Tidak mendapatkan dukungan keluarga, teman dan pasangan
Hal ini sangat penting. Dukungan dari orang yang anda cintai
sangat mempengaruhi psikologi anda maupun mempengaruhi kemajuan bisnis anda.
Anda juga dapat mendapatkan pelanggan dari koneksi orang yang anda cintai.
Memulai bisnis membutuhkan pola pikir all the time dan gaya hidup, setidaknya
pada awalnya. Semakin banyak orang yang Anda cintai memahami hal ini, semakin
besar kemungkinan Anda akan berhasil dan hubungan Anda akan tetap terjaga.