INTERNET MARKETING : Kita pasti mengikuti informasi tentang perkembangan internet
di Indonesia saat ini, dimana banyak sekali pebisnis konvensional yang sudah go
online untuk membantu meningkatkan penjualan produk mereka. Dan marketing
secara online biasanya cendrung lebih mudah dan lebih murah dibandingkan dengan
cara lama. Proses internet marketing ini sebenarnya ada berbagai bentuk, bagi
yang belum paham mungkin masih agak bingung apa itu internet marketing.
Internet marketing atau dalam bahasa Indonesia adalah
pemasaran melalui internet. Pemasaran online ini bukan hanya menjual produk
saja, tapi terdiri dari berbagai aspek dalam memasarkan sebuah bisnis,
diantaranya promosi, branding, menjual produk atau layanan, dan lain-lain.
Tujuan internet marketing ini tidak lain adalah untuk meningkatkan brand
awareness dan profit.
Untuk lebih mudahnya, internet marketing itu bisa dibagi
dalam dua kelompok, yaitu sebagai cara promosi secara online, dan cara
menghasilkan uang secara online. Inti dari internet marketing sebenarnya hanya
dua itu, tapi type bisnisnya ada banyak sekali. Berikut ini adalah penjelasan
beberapa type bisnis dalam internet marketing.
1. Internet Marketing Untuk
Menghasilkan Uang Secara Online
Ada banyak jenis program di internet yang bisa kita jalankan
untuk mendapatkan penghasilan dari internet. Beberapa diantaranya adalah:
a. PPC (Pay Per Click): program
yang satu ini adalah termasuk salah satu kategori bisnis online yang banyak
diikuti oleh pemilik website/ blog di Indonesia. Para pemilik blog bisa
mendapatkan penghasilan dari klik iklan yang dilakukan oleh pengunjung blog/
website mereka. Contohnya adalah PPC Google Adsense.
b. PPS (Pay Per Sale): dengan
program ini, publisher akan mendapatkan uang bila seseorang membeli barang dari
link afiliasi yang mereka punya, besarnya tergantung prosentase yang ditentukan
oleh pemilik produk. Contohnya adalah PPS Amazon.com
c. PPL (Pay Per Lead): dengan
program ini, publisher akan dibayar jika seseorang mendaftarkan email mereka
melalui link affiliasi yang mereka punya. Contohnya adalah MaxBounty.com
d. Pelelangan Online (Online
Auction); kita bisa mendapatkan penghasilan dengan melelang barang sendiri atau
barang orang lain di internet. Keuntungan bisa jauh lebih besar karena yang
berhak membeli barang adalah penawar tertinggi. Contohnya adalah online auction
di eBay.com atau Flippa.com
e. Menjual produk sendiri: Kalau kita punya produk yang
ingin dijual, baik itu produk fisik atau produk digital maka kita bisa
menjualnya secara online. Kita bisa membuat sebuah sales page atau toko online
agar pengguna internet bisa membaca informasi tentang produk yang kita jual
tersebut.
2. Internet Marketing Untuk Promosi
Secara Online
Berbagai perusahaan telah berhasil memasarkan bisnis mereka
melalui internet, baik itu bisnis skala kecil maupun bisnis skala besar. Hal
ini karena masyarkat Indonesia sudah semakin banyak menggunakan internet,
apalagi sebagian besar masyarakat Indonesia sudah memiliki smartphone dan bisa
membuka berbagai situs melalui ponsel mereka.
Berikut ini adalah beberapa cara yang dilakukan untuk
promosi online:
a. Memasang iklan di PPC Ads: Ini
adalah media promosi dimana pengiklan bisa memasang link website perusahaan
mereka di jaringan publisher dari perusahaan penyelenggara PPC. Pengiklan
membayar hanya jika ada terjadi klik pada iklan mereka.
b. Email marketing: ini adalah
cara promosi dengan mengirimkan pesan promosi ke email orang lain. Yang harus
diperhatikan adalah jangan mengirimkan email secara sembarangan karena bisa
dianggap melakukan spam.
c. SEO (Search Engine
Optimization): ini adalah tehnik khusus untuk mempromosikan sebuah website.
Dengan langkah tertentu, kita bisa mengoptimalkan posisi sebuah website di mesin
pencari sehingga website tersebut masuk pada halaman utama pencarian Google
atau mesin pencari lainnya.
d. Social Media Marketing: ini
adalah pemasaran bisnis dengan melalui situs media sosial, misalnya seperti
Facebook, Twitter, YouTube, Google Plus, dan lainnya.
Nah, kalau kita melihat
penjelasan di atas, sebenarnya proses internet marketing itu sudah banyak
dilakukan oleh para pebisnis. Namun, tidak semua pebisnis online tersebut
melakukan pemasaran online dengan cara yang benar. Mengerti tentang dasar ilmu
dalam internet marketing akan sangat membantu kita dalam memasarkan sebuah
bisnis sehingga bisa berkembang lebih cepat.
Dari berbagai sumber untuk melihat
artikel berikutnya silakan klik internet
marketing adalah
Berikut ini kami akan mengulas lebih lanjut prinsip-prinsip
dasar yang harus dipenuhi oleh Anda para Internet Marketer;
Rahasia Kesuksesan Internet Marketing
1. Kepercayaan,
Kepercayaan dan Kepercayaan
Kita mengetahui pengakses internet sekarang jauh meningkat
pesat, apalagi sekarang didukung dengan berbagai macam teknologi canggih
seperti smartphone, tablet, smartwear semakin memudahkan konsumer untuk
mengakses internet. Peningkatan jumlah pengguna internet juga didukung oleh
kemampuan intelektual seseorang, jadi jika Anda bergelut di dunia Internet
Marketing maka Anda sekarang sedang berbisnis dengan para konsumer cerdas.
Jika Anda sudah berbisnis Internet Market dari beberapa
tahun yang lalu, mungkin Anda merasakan bagaimana perjuangan Anda dalam
penjualan produk di Internet. Anda harus bisa lebih menyakinkan konsumen untuk
membeli produk Anda, karena memang beberapa tahun yang lalu konsumen tidak
semengerti sekarang dalam bertransaksi di dunia maya.
Sekarang konsumen sudah lebih terbiasa dalam bertransaksi
online, karena didukung oleh perkembangan teknologi yang begitu pesatnya. Namun
demikian, konsumen juga harus tetep berhati-hati dalam bertransaksi dengan
mengecek terlebih dahulu bagaimana track record si seller ketika bertransaksi
di dunia maya. Selain itu konsumen juga harus jeli dalam melihat kualitas
produk yang ditawarkan, salah-salah bukan produk yang berkualitas yang kita dapat
namun ternyata hanya mendapat produk abal-abal.
Tentunya melihat pengalaman konsumen seperti di atas, Anda
juga harus jeli dalam berbisnis Internet Marketing. Jadi success key yang
pertama adalah 3K yaitu Kepercayaan, kepercayaan dan kepercayaan ! Mulai
sekarang lihat diri Anda, Apa yang sudah saya berikan ke konsumen ? Kepercayaan
dan kualitas atau malah keragu-raguan dan service yang buruk ?
Dalam membangun 3K bisa memakai banyak cara, contohnya
meminta para pelanggan untuk memberikan testimoni terhadap produk kita lalu
kumpulkan testimoni tersebut untuk promosi penjualan berikutnya, memberikan
bukti resi pengiriman dari jne,kantor pos, tiki dan lain sebagainya. Selain itu
bangun brand Anda dengan memberikan informasi atau deskripsi produk yang ditawarkan
memang betul-betul berkualitas baik dan terpercaya. Apalagi sekarang ada sarana
media sosial yang berguna untuk membangun sebuah komunitas yang bisa membantu
Anda dalam menyampaikan informasi positif seputar usaha/bisnis Anda.
Hanya saja perlu diingat bahwa media sosial bisa saja
menjadi pisau bermata dua untuk Anda. Alih-alih Anda bisa mendapatkan citra
positif dari konsumen namun justru informasi negatif yang bisa diterima seputar
bisnis Anda. Oleh karenanya, salah satu pakar dunia marketing Philip Kotler
sudah mewanti-wanti untuk selalu menngontrol arus komunikasi yang terjadi
antara Anda dan pelanggan. Jangan sampai melalui media sosial terjadi
komunikasi negatif yang bisa menjatuhkan bisnis Anda.
Sebaiknya lakukan komunikasi-komunikasi yang ofensif untuk
meredam beberapa komentar negatif dari konsumen. Caranya yaitu dengan cara
memberikan respon atau tanggapan yang cepat ketika ada konsumen yang memberikan
komentar yang negatif, segera lakukan klarifikasi dan menjelaskan lebih detil
bagaimana keunggulan produk Anda. Jika komentar negatif tersebut dapat Anda
kelola dengan baik maka komentar tersebut bisa menjadi sebuah saran atau
masukan yang membangun untuk kemajuan dan bisa sebagai langkah perbaikan dari
pelayanan Anda terhadap konsumen.
2. Jangan Lupakan SEO
( Search Engine Optimization )
Kalau kita bicara tentang Internet Marketing, akan terasa
lucu jika kita tidak membicarakan tentang SEO. Karena pada dasarnya, Anda
menempatkan sebuah brand atau produk ke dalam sebuah jejaring internet tentunya
hal ini tidak bisa terlepas dari sistem pencarian semisal google, bing,
ask.com. Oleh karenanya, Anda harus
menganalis berbagai macam faktor yang menjadi sebab dan bagaimana cara supaya
konsumen Anda dapat menemukan produk jualan Anda ketika melakukan mencarian di
mesin pencari semisal google .
Sipendik akan membagi menjadi tiga bagian dalam ulasan
Analisis Internet Marketing. Pertama yang harus Anda lakukan yaitu analisis
umum. Dalam analisis umum Anda bisa menggunakan Google Analytics untuk
mengetahui KW ( keywords) yang sering digunakan oleh Netter dalam menemukan
produk jualan dan untuk mengetahui dari mana saja asal netter yang berkunjung
ke halaman produk jualan Anda. Dengan begitu kita bisa mengoptimasi halaman
jualan kita supaya akan lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen Anda.
Kedua adalah menganalis menggunakan Google AdWords Keyword
Planner, analisis ini digunakan oleh para Internet Marketer dalam menemukan KW
( Keywords ) untuk memudahkan mencari tahu kata kunci yang sering digunakan
oleh netter dalam menemukan produk Anda. Dengan cara analisis ini, Anda
merusaha menggiring netter untuk berkunjung ke halaman jualan produk Anda
dengan memakai umpan-umpan berupa kata kunci yang terkait dengan produk jualan
Anda. Oleh karenanya, jika Anda tepat menggunakan alat analisis ini, Anda bisa
mendatangkan banyak calon konsumen ke lapak jualan Anda. Jika ingin belajar
lebih lanjut tentang SEO, Anda bisa mencarinya dengan mengetikkan ke google
search “trik optimasi seo” , karena kami tidak akan membahas terlalu jauh
tentang dunia SEO. Untuk Anda yang sudah cukup mahir dalam analisis keywords,
Anda bisa menggunakan layanan berbayar semisal market samurai dan semrush untuk
hasil yang lebih profitable.
Ketika kami menuliskan artikel ini, kami jadi teringat
dengan pepatah kuno yang menyebutkan “pembeli membeli karena alasan mereka”.
Jadi salah satu prinsip penting dalam berbisnis Internet Marketing adalah cari
tahu apa yang mereka cari dan apa yang mereka butuhkan.
Ketiga yaitu Analisis Media Sosial. Dalam analisis ini kita
harus paham betul bagaimana cara menyusun sebuah strategi pemasaran internet
yang merujuk pada kesesuaian media sosial yang digunakan. Dengan kata lain
berbeda media sosialnya berbeda pula juga cara strategi pemasarannya. Saat ini
sudah ada layanan Klout yang bisa kita gunakan untuk menganalisis efektifitas
sebuah media sosial dalam menjaring konsumen.
Media sosial paling populer saat ini adalah Twitter dan
Facebook, kedua jenis media sosial ini jelas memiliki perbedaan kharakteristik
dalam pemasaran di internet. Jika di facebook kita bisa menentukan calon
konsumen atau target pasar dengan melihat jenis gender, tempat domisili maupun
pekerjaan dan sebagainya. Sedangkan di twitter, kita tidak bisa memakai
strategi yang sama yang diterapkan di Facebook. Media sosial twitter paling
efektif digunakan untuk membangun brand awarness atau untuk menguatkan branding
produk memalui sebuah komunitas yang memiliki kecintaan atau kegemaran pada
informasi tertentu, dibandingkan dengan media facebook yang lebih sesuai untuk
menampilkan display foto yang menampilkan produk/kegiatan suatu perusahaan.
Lain halnya dengan layanan Google Plus, business page yang
dimiliki oleh raksasa internet Google ini lebih SEO karena memiliki banyak
kemudahan dalam integrasi pagenya ke dalam layanan web atau blog. Boleh
dibilang Google plus adalah anak emas yang dimiliki oleh Google, sehingga jika
kita mempunyai produk/jualan sebaiknya selalu diintegrasikan ke dalam business
pagenya Google Plus. Setiap halaman produk yang Anda koneksikan dengan G+
(sebutan lain untuk Google Plus) akan langsung masuk dalam mesin pencarian
Google. Jadi Anda bisa lebih fokus dalam mengoptimasi content produk Anda
supaya sesuai dengan target marketnya. Disini kami tekankan bahwa analisis SEO
sangat penting untuk pemasaran internet, apalagi didukung dengan adanya media
sosial yang bisa mempermudah dalam mentarget market.
3. Berfikirlah Lebih
Strategis
Jika sebelumnya sipendik menyampaikan hal-hal teknis dan
taktis supaya lapak jualan online Anda bisa mudah ditemukan oleh calon
konsumen, maka pada pembahasan kali ini sipendik akan mengajak Anda untuk lebih
berfikir secara strategis guna memantapkan Anda dalam menyusun sebuah strategi
Internet Marketing.
Sebagian besar penjual online itu sering membayangkan bahwa
jika kita mempunyai lapak online maka kita bisa mendapatkan keuntungan yang
besar. Padahal jika kita coba hitung lebih teliti lagi misalkan dari satu
pieces produk, kita mendapatkan keuntungan 50.000,- , apabila Anda ingin
mendapatkan keuntungan senilai 5.000.000,- maka Anda harus menjual produk
sebanyak 100 pieces per bulan! Seperti yang dikatakan oleh pakar sosial media,
Nukman Lutfie bahwa dengan target penjualan sebanyak itu maka tidak realistis
jika kita berbisnis online tidak dibantu oleh orang lain.
Solusi terbaik yang bisa kita ambil yaitu mempergunakan
media Internet Marketing untuk memperkuat dan membangun sistem agen pemasaran
berbasis online. Dengan sistem online marketing yang giat dibangun dapat
mempermudah Anda dalam menguatkan nama citra brand di mata konsumen sekaligus
untuk menarik Orang lain untuk ikut bekerja sama dalam bisnis yang sedang Anda
jalankan saat ini.
Demikianlah Rahasia Sukses Internet marketing yang bisa
sipendik sampaikan, pahami betul bagaimana Aspek 3K ini untuk menyusun sebuah
strategi pemasaran dan pembangunan brand untu mempermudah Anda dalam proses
penjualan berikutnya. Terima kasih atas perhatiannya. Salam sukses..
Dari berbagai